Hari Kemenangan Ditengah Pandemi Covid-19

Hari Kemenangan Ditengah Pandemi Covid-19

Hari Raya Idul Fitri  dikenal sebagai “Hari  Kemenangan”. Kemenangan yang bukan berarti kemenangan akhir. Kemenangan dikarenakan peperangan melawan nafsu makan dan minum, serta menahan emosional. Setelah berpuasa selama tiga puluh hari maka akan ada puncaknya yaitu hari Raya Idul Fitri, dimana pada Hari Raya Idul Fitri akan ada nya silaturahmi antar kelurga, teman dan tetangga dengan menyediakan beraneka ragam makanan dan minuman karena idul fitri adalah momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat islam, khususnya di Negara Indonesia yang sebagian penduduknya adalah muslim.

Namun, hari kemenangan ditengah pandemi Covid-19 ini berbeda, sudah ada himbauan dari pemerintah untuk tidak silaturahmi kerumah rumah, cukup melalui telepon/video saja. Hal ini seperti pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri tidak dilaksanakan di Masjid seperti biasa namun dilaksanakan dirumah untuk memutus rantai penularan virus Covid-19.

Apakah akan menjadi kesedihan bagi Umat Islam? Tentunya ada namun akan diselaraskan dengan sifat sosial masyarakat yang masih tinggi untuk saling berusaha dalam menghargai dan hal ini juga dikarenaka adanya sifat gotong royong dalam upaya bersama melaksanakan pemutusan rantai virus Covid-19 ini.

Apakah ada yang masih tidak mendengar himbauan pemerintah? Tentu saja iya, tidak semua orang memiliki sifat solidaritas yang tinggi untuk saling memahami, namun hal ini cuman minimal dikarenakan kerja tim dari gugus percepatan dan penanganan Covid-19 yang maksimal, insyallah dapat mengurangi orang yang masing menganggap enteng mengenai virus Covid-19.

Mari kita bersama mendengarkan dan bijak melaksanakan himbauan Pemerintah untuk tetap dirumah saja di saat pandemi Covid-19 ini agar selalu dalam  keadaan sehat. Dan virus Covid-19 tidak ada lagi didunia ini.

Sulit apabila kita menghilangkan kebiasaan yang selalu jadi aktivitas sebelum ada Covid-19 ini, namun dengan kesungguhan hati, insyallah dapat terlaksana dengan prinsip bahwa kita bisa melawan virus Covid-19 secara bersama. Nikmati hari kemerdekaan dengan suasana yang berbeda tapi tak menyurutkan kebahagiaan yang sama seperti hari kemenangan ditahun sebelumnya.

Oleh : Yosei Ermalena


Bagikan :