PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

BERITA & PENGUMUMAN

Warga Suku Anak Dalam Mendapat Berbagai Bantuan

09/07/17  64

Warga Suku Anak Dalam Mendapat Berbagai Bantuan Pada Kunjungan Kapolda Sumatera Selatan dan Pangdam II Sriwijaya di Kec. Rawas Ilir Kab. Musi Rawas Utara


Kapolda Sumatera Selatan Irjenpol Drs. Budi Maryoto, M.Si beserta istri dan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos pada hari Rabu, 30 Agustus 2017 melakukan kunjungan ke salah satu pemukiman warga Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Kabupaten Musi Rawas Utara, tepatnya di Riam Site PT Lonsum, tbk Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara.


Kunjungan Kapolda dan Pangdam II Sriwijaya ini merupakan ajang silaturrahim yang  diagendakan khusus untuk meninjau keadaan SAD yang ada di wilayah ini. Kunjungan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Musi Rawas Utara, H.Devi Suhartoni dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas Utara Hj. Rita Devi Suhartoni dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah Daerah (OPD) Kabupaten Musi Rawas Utara.

Pemukiman SAD di Kec. Rawas Ilir merupakan satu dari 4 (empat) pemukiman SAD lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara. Terletak tidak jauh dari mess Riam Site PT PP Lonsum tbk, pemukiman SAD disini sangat tradisional yang dikelilingi oleh lahan sawit perusahaan.

Diawali dengan acara penyambutan Kapolda Sumatera Selatan dan Pangdam II Sriwijaya, perwakilan warga SAD mengikuti kegiatan dengan antusias. Kunjungan ini juga disertai dengan berbagai macam bantuan yang sangat berarti bagi warga SAD. Setelah acara penyambutan, Kapolda Sumatera Selatan dan Pangdam II Sriwijaya beserta rombongan langsung melihat keadaan anak-anak SAD yang mendapat bantuan sunat massal. Acara Sunat Massal ini diadakan di Ruang Serbaguna Riam Site PT PP Lonsum tbk. Bantuan sunat massal ini merupakan partisipasi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Dinas Kesehatan untuk melayani anak dari warga SAD.


Selepas melihat proses sunat massal, Kapolda Sumatera Selatan, Pamgdam II Sriwijaya dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara beserta rombongan langsung meninjau lokasi pemukiman warga SAD. Lokasi pemukiman SAD ini hanya berupa tenda-tenda sederhana yang berada di tengah lahan sawit dan didiami oleh 46 KK (Kepala Keluarga) SAD. Mengawali peninjauan ini, Kapolda Sumatera Selatan membacakan Pancasila yang langsung diikuti oleh warga SAD.


Selanjutnya, Kapolda Sumatera Selatan, Pangdam II Sriwijaya dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara meresmikan WC Umum yang dibangun di pemukiman warga SAD ini. Bantuan ini bukan bantuan yang pertama kalinya mengingat sebelumnya Program Bantuan Kepolisian Resort Musi Rawas Utara dan Musi Rawas melalui Kepolisian Sektor Rawas Ilir telah membantu membangun Taman Bacaan untuk anak-anak warga SAD sekaligus memakai tempat tersebut sebagai tempat mengajar baca tulis bagi anak-anak. Kapolres Musi Rawas Utara & Musi Rawas melalui Kapolsek Rawas Ilir, Iptu Fajri Anbiyaa, S.IK mengatakan, taman bacaan ini sendiri digunakan sebagai tempat mengajar baca tulis hitung bagi anak-anak bahkan dewasa. Pengajarnya adalah anggota kepolisian dari Bhabinkamtibmas Polsek Rawas Ilir yang rutin mengajar dua kali seminggu disini.


Selesai peresmian, Kapolda Sumatera Selatan, Pangdam II Sriwijaya dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara memberikan bantuan secara simbolis kepada warga SAD. Diantaranya adalah bantuan Sembako dari Persatuan Ibu Bhayangkari Sumatera Selatan, Bantuan Sandang dan Pangan dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Dinas Sosial dan Bantuan Makanan Sehat Bernutrisi dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan bantuan buku-buku pelajaran yang juga merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Dinas Pendidikan.


Acara juga diisi dengan mengajar anak-anak suku anak dalam oleh Penyuluh Sosial Kabupaten Musi Rawas Utara. Berkat bantuan dari Bhabinkamtibmas Kepolisian Sektor Rawas Ilir yang selama ini secara rutin mengajar anak-anak SAD, pada saat diajak bernyanyi, anak-anak ini telah lumayan banyak menguasai lagu-lagu anak. Begitupun saat diajari mengenai nutrisi pada makanan, mereka dengan antusias mengikuti materi yang disampaikan.


Salah satu warga SAD yang mengatakan mereka sangat senang karena mendapat banyak bantuan pada Kunjungan ini. Mereka berharap di waktu yang akan datang, akan ada lagi bantuan yang dapat meringankan beban kehidupan mereka sehari-hari mengingat selama ini kebutuhan sandang dan pangan mereka di lokasi tersebut sangat terbatas.


Oleh : A'Lalia,S.Pd

Oleh : Kemsos

Berita Terpopuler

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Link Lainnya