PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

BERITA & PENGUMUMAN

Mengapa Kita Harus Mempertahankan Kemerdekaan (Merefleksikan 72 Tahun Kemerdekaan)

09/08/2017  95

Dalam surat Al-Anfaal 8:53 berbunyi:

Yang demikian (siksaan) itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Dari ayat tersebut diatas, kita bisa maknai bahwa rakyat Indonesia harus berjuang untuk tetap mempertahankan kemerdekaan. Dengan perjuangan tersebut, rakyat Indonesia ingin mengubah keadaan, di mana sebelumnya bangsa Indonesia telah dijajah selama kurang lebih 350 tahun oleh kolonial Belanda, selanjutnya adalah 3,5 tahun oleh penjajahan jepang  dan rakyat indonesia berjuang dengan segala daya meskipun nyawa yang jadi taruhannya untuk bisa merdeka.

Pahlawan memiliki tiga arti penting, yaitu berani, pengorbanan dan kebenaran. Jika kita lihat dari tiga arti pahlawan tersbut, para nabi dan rasul adalah seorang pahlawan. Perjuangan Nabi Musa melawan raja Fir’aun, seorang raja yang zalim, kejam dan tidak berperikemanusiaan. Nabi Musa Mengajak kepada kebaikan, dan ke tauhidan. Nabi Ibrahim yang berani menghancurkan berhala-berhala yang dianggap Tuhan yang disembah oleh manusia. Sebagai wujud menunjukkan bahwa Tuhan sebenarnya bukanlah patung yang dibuat oleh manusia tetapi Tuhan manusia adalah Allah.

Apakah Indonesia sudah merdeka ?

Sering kita mendengar pertanyaan diatas. Sebenarnya Indonesia sudah merdeka atau belum? jika saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menderita, miskin, pendidikan tidak merata, para pejabat korupsi, pelayanan kesehatan yang tidak optimal, dan berbagai permasalahan yang sampai saat ini belum terselesaikan secara tuntas. Yang dinamakan merdeka adalah pembebasan, yaitu lepas dari belenggu, baik belenggu dari penjajahan, terhadap kemiskinan, serta pembodohan.

Secara formal, Indonesia memang sudah merdeka, dan itu sudah diakui, baik secara de facto maupun de jure. Jika permasalahan mengapa rakyat Indonesia saat ini masih belum merasakan kemerdekaan yang hakiki, kemerdekaan yang diinginkan yaitu kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Maka sudah sepatutnya sebagai generasi muda mempunyai tugas untuk terus mempertahankan kemerdekaan dan meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu. Perjuangan di masa kini sudah seharusnya diperjuangkan oleh generasi kini. Karena perjuangan melawan penjajah kolonial sudah dilakukan oleh kakek nenek kita dahulu. Dan kini saatnya generasi kini yang meneruskan perjuangan. Sebagaimana dalam Pembukaan UUD 1945 tujuan negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melakasanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. (tammy)

Oleh : Kemsos

Berita Terpopuler

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Link Lainnya