PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

BERITA & PENGUMUMAN

Sukses Penyuluhan = Terjadinya Perubahan Perilaku

01/23/19  63

Penyuluhan bbukan sekedar memberikan informasi mengenai sesuatu terhadap kelompok komunitas sosial tertentu. Akan tetapi, penyuluhan yang berhasil haruslah menghasilkan perubahan perilaku, maka perubahan perilaku dari komunitas yang disuluh itulah yang menjadi indicator penting keberhasilian program penyuluhan, maka sebelum terjun bertugas memberikan penyuluhan kepada komunitas, para penyuluh sosial dilapangan sebaiknya memahami apa yang disebut perilaku. Mengerti apa yng membentuk terjadinya perilaku. Bahwa perilaku adalah kombinasi dari kebiasaan-kebiasaan. Setiap orang membenuk kebiasaan itu kemudian menjadikan diri seorang seperti saat ini. Sebuah contoh kecil perilaku buruk yng suka menunda-nunda pekerjaannya. Kemudian menjadi hobi yang tanpa Ia sadari. Ia senang mengatakan iya nanti saya selesaikan. Masalahnya adalah kata-kata nanti itu selalu tidak memiliki masa waktu yang jelas. Tidak ada batas waktunya, ia akan selalu memiliki alasan untuk mnyebutkan kata nanti.

Perilkaku terbentuk dari kebiasaan habitat dimengerti sebagai respon atau reaksi otomatis terhadap stimulus (rangsangan) atau input tertentu. Saat anda mengalami suatu rangsangan anda akan meresponnya dengan menunjukan perilaku tertentu tanpa harus berpikir dulu. Spontan. Tetapi sebenarnya baik sadar atau tidak sadar, kita menunjukan  jenis-jenis perilaku yang sama berulang-ulang dalam tindakan kita. Dengan kata lain, pada awalnya setiap lebiasaan mempunyai intense positif, baik kita sadari atau tidak.

Beberapa tahap terbentuknya perilaku;

 

Penyuluhan dan memotivasi kelompok

Peningkatan kesejahteraan sosial di berbagai sector merupakan upaya perwujuudan  dari tujuan setiap aktifitas penyuluhan sosial. Pada era globalisasi sekarang ini, tantangan permasalahan sosial semakin banyak.

Dalam melaksanakan dan menyelesaikan permasalahan sosial tersebut, pertan serta penyuluhan semakin penting. Peran ini terutama dlam penyampaian informasi dan transfer pengetahuan kepada masyarakat. Kegiatan penyuluhan seringkali dilakukan dlam bentuk kelompok (team work). Karena  itu, pemahaman konsep membnatu masyarakat agar dapat membantu dirinya sendiri. Dipahami secara demokratis yang menempatkan kedua belah pihak dalam kedudukan yang setra. Karena itu penting bagi para penyuluh untuk sebelum melakukan kegiatan atau sudah melakukan untuk menegtahui bebetrapa factor yang dapat mempengaruhi motivasi kelompok (team work) dalam bekerja dapat dikategorikan sebagai berikut:

Tujuan

Visi, misi dan tujuan yang jelas akan membantu tim dlam bekerja. Namun hal tersebut belum cukup jika visi, misi dan tujuan yang diettapkan tidak sejalan dengan kebutuhan dan tujuan para anggota.

Tantangan;

Manusia dikaruniai mekanisme pertahanan diriyang diseut fight atau flight syndrome. Ketika dihadapkan pada suatu tantangan, secara naluri manusia akan melakukan suatu tindakan untuk menghadapi tantangan tersebut (fight) atau menghindar (flight). Dalam banyak kasus tantangan yang ada merupakan suatu rangsangan untuk mencapai kesusksesan, dengan kata lain tantangan tersebut justru merupakan motivasi.

Keakraban;

Tim yang sukses biasanya ditandai dengan keakraban satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasib dan sepenanggungan. Para anggota tim saling menyukai dan berusaha keras untuk mengembangkan dan memelihara hubungan interpersonal.

Tanggung jawab;

Secara umum setiap orang akan terstimulasi ketika diberi tanggung jawab. Tanggungjwab mengimplikasikan  adanya suatu  otoritas  untuk membuat perubahan  atau m,engambil suatu keputusan. Tim yang diberi tanggungjawab dan otoritas  yang proporsional; cenderung akan memiliki motivasi kerja yang tinggi.

Kesempatan unuk maju;

Setiap orang akan melakukan b anyak cara untuk mengembangkan diei, mempelajari konsep dan keterampilan baru, serta melangkah menuju kehidupan yang lebih baik. Jika dalam sebuah tim setiap anggota meras bhwa tim tersebut dapat memberikan peluang bagi mereka untuk melakukan hal-hal tersebut di atas maka akan tercipta motivasi dan komitmen yang tinggi. Hal ini penting mengingat bahwa perkemabngan pribadi memeberikan nilai tambah bagi individu dalam meninkatkan harga diri.

Kepemimpinan;

Tidak dapat dipungkiri bahwa kepempimpinan merupakan factor yang berperan penting dalam mendapatkan komitmen dari anggota tim. Leader berperan untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi tim ungtuk bekerja dengan tenang dan harmonis. Seorang leader yang baik juga dapat memahami 6 faktor yang dapat menimbulkan moivasi seperti disebutkan diatas.  

Oleh : Kemsos

Berita Terpopuler

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Link Lainnya