PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

BERITA & PENGUMUMAN

Kenali Perubahan Mental yang Sering DIalami Lansia

09/23/19  28

Perubahan yang terjadi dari usia muda ke usia tua tentu akan terlihat dampaknya. Seperti dampak secara fisik maupun psikis. Semua orang tentu akan mengalami perubahan tersebut. Namun bagi orang yang belum siap menghadapi perubahan tersebut tentu akan mengalami perubahan mental. Seiring dengan proses penuaan, ada beberapa masalah baik fisik maupun mental yang akan dialami seseorang. Perlu untuk mengenali perubahan mental yang dialami oleh lansia, maka kali ini kita akan mengenali beberpa masalah perubahan mental yang akan dialami oleh lansia.

1.    Gangguan Kecemasan

Akan timbul gejala rasa cemas dan kekahawatiran yang berlebihan. Seperti cemas akan perubahan yang dilalami ketika memasuki usia lansia, rasa cemas ketika merasa tidak lagi berharga.

2.    Pikun

Merupakan gangguan kognitif seperti menurunya daya ingat, ketika mengalami kepikunan biasanya tidak dapat lagi membedakan hal normal atau sikap normal dan tidak normal mereka. Bahkan bisa saja melupakan hal-hal yang menjadi aktivitas sehari-hari yang dilakukan selama ini.

3.    Sensitif

Lansia akan cenderung menjadi sensitif dimana mereka akan lebih mudah menangis, tertawa atau bahkan marah. Hal ini merupakan efek psikologis seorang lansia yang semakin lama akan seperti anak-anak.

4.    Depresi

Deperesi merupakan suatu perasaan sedih serta pesimis yang berhubungan dengan penderiatan yang dialami. Dapat disebabkan karena mood yang buruk kerena berkurangnya tenaga, rasa rendah diri maupun putus asa.

Perlunya penysuaian diri ketika mengalami perubahan saat memasuki usia lansia. Seperti penyesuaian diri pada perubahan menurunya kekuatan fisik, dan kesehatan hal ini juga dapat diartikan sebagai perubahan peran yang dialami baik didalam maupun diluar rumah. Mereka diaharapkan bisa untuk mencari kegiatan pengganti tugas-tugas terdahulu, yang menhabiskan waktu ketika masih muda.

Juga dapat menyesuaikan diri dengan kematian atau kehilagan pasangan hidup. Sebagian besar lansia perlu mempersiapkan hal ini. Ketika seorang lansia mengalami peruabahan atas kematian atau kehilangan pasangan akan timbul perubahan karena hidup sendiri dan perubahan dalam aturan atau kebiasaan. Menyesuaikan diri dengan masa pensiun atau perubahan berkurangnya penghasilan, pada usia ini lansia yang sudah memasuki masa pensiun dan tidak lagi bekerja, sehingga pasti akan mengalami perubahan pemasukan, yang ada hanya dana pensiun ataupun pemberian dana dari anak.

Oleh : Putri Adityastari

Oleh : Kemsos

Berita Terpopuler

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

Oleh : Kemsos

Lihat Selengkapnya

Link Lainnya