PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

 

News & Announcements

Meningkatkan Kualitas Diri

01/23/19

Setiap penyuluh sosial, ketika bertugas sesungguhnya membawa peran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan dalam bentuk pemberian pemahaman dan segala hal yang baru demi kemajuan masyarakat. Karena itu dalam melakukan kegiatannya, seorang penyuluh sosial selalu berupaya meningkatkan kualitas dirinya agar selalu bisa diterima dan diikuti oleh masyarakat yang didampingi untuk meningkatkan kualitas diri seoarang penyuluh sosial, ada baiknya mengetahui beberapa poin penting untuk meningkatkan kualitas diri dengan sikap-sikap dan pemikiran positif agar dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Beberapa hal tersebut adalah;

1.       Selalu ingin belajar

Setiap kejadian atau peistiwa di dalam hidup kita dapat member peluang bagi kita untuk belajar sesuatu. Kejadian yang menyenangkan atau meneyedihkan bisa menjadi sesuatu yang yang dapat pelajari sehingga hal ini dapat menambah pengalaman untuk menjalani kaulitas kehidupan yang lebih baik.

2.       Hadapi segala tantangan hidup tanpa melanggar tata susila

Hadapi segala tantangan hidup dengan pikiran positif dan semakin meningkatkan kaulitas diri dari tantangan hidup tersebut.

3.       Biasakan untuk bercakap dengan diri sendiri secara positif

Kita seringkali sibuk membicarakan tentang orang lain sehingga seringkali kita lupa membicarakan diri sendiri. Pembicaraan tersebut bukan keluh kesah diri sendiri, tetapi hal yang berkaitan dengan perbiatan positif. Berilah semangat pada diri sendiri, ajak diri sendiri mencapai kesuksesan. Anggap segala hal yang negative sebagai tantangan sementara yang dapat kita atasi untuk mencapai kesuksesan.

4.       Selalu menjaga kesehatan diri

Sering karena sibuk mencapai kesuksesan hingga melupana barang berharga milik kita, yaitu badan kita. Sayangilah diri sendiri dengan memastikan kesehatan dan kebugaran tetap terjaga.

5.       Senantiasa menimba ilmu

Ilmu adalah kekuatan. Dengan selalu menambahkan ilmu dalam diri kita, kesuksesan akan lebih mudah. Sikap rajin membaca dan ingin tahu akan membantu kita menimba ilmu yang banyak.

6.       Tulis apa saja yang ingin dicapai dan letakan di tempat tertentu

Hal ini untuk meningkatkan diri kita secara positif untukl mencapai tujuan yang kita harapkan. Setiap kita membaca catatan tersebut, akan terekam dalam pikiran kita dan otak akan berfikir untuk mencapai tujuan tersebut.

7.       Biasakan diri mendengar dan menonton acara yang dapat membawa perasaan tenang

Menonton film yang ceria dan mendengar music yang enak didengar aka dapat membantu diri untuk istirahat sambil mempersiapkan apa yang akan dilakukan nantinya untuk mencapai kesuksesan. Menonton cerita-cerita seram atau menakutkan, cerita-cerita yang sedih, lagu-lagu yang sedih secara berlebihan akan dapat membawa pemikiran kea rah yang akan membatasi diri sendiri.

8.       Biasakan untuki memuji dan hindari merendahkan orang lain

Senantiasa bersikap baik dengan orang lain serta pada diri sendiri. Hindari mengkritik orang lain secara negative. Pujilah dan hargai orang lain. Berilah pandangan yang positif dengan cara yang positif pula. Mengutarakan kelemahan atau kesalahan seseorang dengan cara yang halus dan hati-hati akan dapat diterimanya dengan hati terbuka dan berterima kasih.

9.       Terima pujian dari orang lain dengan ucapan terima kasih

Hindari dari perasaan terlalu merendahkan diri karena sikap ini dapat menjadi negatif. Menerima pujian dengan  mengucapkan terima kasih merupakan satu langkah menjauhkan orang lain yang member pujian kepada kita secara sinis untuk tujuan negatif. Serta terimalah pujian dari orang lain dengan positif dan hindari pula bersikap angkuh/sombong serta merendahkan diri orang yang memuji kita. (tammy. Pensos Madya. Dari berbagai sumber)

By : Kemsos

Popular News

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

By : Kemsos

Read More

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

By : Kemsos

Read More

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

By : Kemsos

Read More

Link Lainnya