PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

 

News & Announcements

Keragaman Sosial Budaya Di Indonesia

03/12/19

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya dengan budaya yang berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Keragaman Budaya yang dimiliki oleh bangsa ini merupakan modal yang sangat penting yang harus bias dikelola dan dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung proses pembangunan di Indonesia.

Beberapa unsur budaya yeng dimiliki oleh bangsa Indonesia meliputi :

1.      Bahasa

2.      Adat Istiadat

3.      Pakaian

4.      Teknologi

5.      Seni

6.      Agama

7.      Politik

8.      Pendidikan

Berdasarkan unsur-unsur budaya diatas, tentunya dengan hanya menggandakan kekayaan sumber daya alam yang kita miliki tidak cukup untuk melaksanakan pembangunan yang ada di Indonesia. Sumber daya alam hanya akan dapat dimanfaatkan dengan optimal jika SDA itu mampu dikelola dengan pendidikan dan teknologi yang baik. Itulah sebabnya keragaman atau kekayaan sosial budaya yang dimiliki oleh suatu bangsa disebut pula modal sosial ( modal masyarakat).

Keragaman Sosial Budaya sebagai modal dasar pembangunan di Indonesia yakni terdiri atas :

A.    Sifat dan Bentuk Interaksi Sosial Budaya

Sifat atau karakteristik  sosial budaya masyarakat yang berbeda pada setiap daerah di Indonesia menyebabkan bentuk interaksi atau hubungan sosialnya pula. Perbedaan ini dapat kita lihat pada aspek seni, budaya dan politik. Dimana perbedaan-perbedaan ini pula yang akan memperluas hubungan atau interaksi yang dilakukan, tidak hanya local saja tapi sudah merambah pada hubungan antar daerah. Dalam berinteraksi tersebut juga mempunyai efek atau pengaruh terhadap pembangunan baik itu efek yang mendukung ataupun efek yang menghambat terjadinya pembangunan. Hal ini mungkin saja terjadi ,karena dalam interaksi yang dilakukan dalam masyarakat tidak hanya dapat berjalan dengan baik dan lancar saja, tetapi juga sering terjadi pertentangan dan perpecahan yang dapat menghambat lajunya perekonomian dan pembangunan.

B.     Fungsi dan Peran Keragaman Sosial Budaya

Keragaman suku bangsa setiap suku bangsa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Contohnya : suku bangsa yang tinggal di Pulau Jawa, rata-rata pandai dalam bidang pertanian. Suku bangsa di  daerah kepulauan, pandai  dalam bidang pelayaran. Keragaman suku bangsa akan menyebabkan keragaman budaya, bahasa, tehknologi dan sebagainya. Dengan demikian, sesungguhnya keragaman suku bangsa di Indonesia merupakan potensi pembangunan bangsa Indonesia. Fungsi dan Peran Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan pada setiap suku bangsa memiliki keahlian ,tehknologi dan kebudayaan merupakan bawaan yang diturunkan oleh nenek moyang.

Selain keragaman suku bangsa ada juga fungsi dan peran keragaman sosial budaya ditinjau dari segi bahasa. Bangsa Indonesia memiliki bahasa nasional dan bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa daerah masih tetap dijunjung tinggi, karena merupakan salah satu hasil budaya bangsa yang bernilai sangat tinggi. Sejak lahir, manusia telah melakukan kontak dengan lingkungan disekelilingnya. Kontak manusia dengan manusia,dilakukan dengan bahasa symbol dan lisan. Bahasa lisan merupakan bahasa yang paling mudah dipelajari dan dipahami. Bahasa memiliki arti bagi kehidupan manusia yaitu sebagai alat komunikasi, alat untuk menyatakan ekspresi diri, alat control sosial . Dan yang terutama keragaman bahasa merupakan wujud kekayaan budaya bangsa Indonesia dan bahasa adalah salah satu wujud dari kebudayaan.

C.    Fungsi dan Peran Kelembagaan Sosial Budaya

Bangsa Indonesia harus mengelola dengan baik keragaman sosial dan budaya sebagai asset pembangunan. Dalam masyarakat yang heterogen seperti di Indonesia, terdapat berbagai jenis lembaga sosial yang saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Kelembagaan yang dimaksud adalah lembaga keluarga ,lembaga agama, lembaga ekonomi ,lembaga pendidikan, lembaga budaya dan lembaga politik.

Lembaga sosial mempunyai sejumlah ciri atau karakteristik. Ciri-ciri umum dari lembaga sosial antara lain, yaitu :

1.      Lembaga sosial biasanya memiliki kekekalan tertentu yang berlangsung lama dimana lembaga sosial ini berisi sekumpulannorma-norma yang harus dipertahankan.

2.      Lembaga sosial memiliki salah satu atau lebih tujuan tertentu, misalnya lembaga pendidikan memiliki tujuan untuk mentransfer nilai, norma dan ilmu pengetahuan kepada generasi berikutnya.

3.      Lembaga sosial memiliki sejumlah perangkat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Peran lembaga dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan di Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Fungsi dan Peran Lembaga Keluarga

Keluarga merupakan kesatuan terkecil dan sekaligus paling mendasar dalam kehidupan masyarakat yang terbentuk melalui proses perkawinan.Dalam sebuah keluarga proses pendidikan pertama dan utama berada pada lembaga ini.

  1. Fungsi dan Peran Lembaga Agama

Lembaga-lembaga agama yang ada di Indonesia seperti: MUI, PGI, KWI, PHDI, Walubi, Matakin. Disamping keenam lembaga agama yang berada pada tingkat nasional tersebut, masih terdapat berbagai lembaga agama baik tingkat nasional maupun daerah.

Fungsi dan Peranan lembaga agama yang telah disebutkan sebelumnya dalam mengelola keberagaman sosial budaya bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut :

·         Pemberdayaan umat

·         Melakukan komunikasi antar umat beragama.

  1. Fungsi dan Peran Lembaga Ekonomi dalam Mengelola Keragaman Sosial Budaya

Salah satu fungsi dan peran lembaga ekonomi dalam memanfaatkan keragaman sosial budaya yaitu untuk mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat . Keragaman sosial budaya merupakan salah satu daya tarik wisatawan dunia.

  1. Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan dalam Mengelola Keragaman Sosial Budaya

Lembaga pendidikan formal dan nonformal memiliki peran penting dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional. Lembaga pendidikan berperan penting dalam melakukan transformasi budaya masyarakat .

  1. Fungsi dan Peran Lembaga Budaya dalam Mengelola Keragaman Sosial Budaya

Lembaga budaya memiliki arti penting dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional. Peran serta lembaga budaya dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional. Lembaga adat sebagai salah satu lembaga budaya berperan dalam mewariskan dan mengembangkan budaya secara turun temurun.

  1. Fungsi dan Peran Lembaga Politik

Lembaga politik memiliki peran penting dalam mengelola keragaman sosial budaya bangsa Indonesia. Lembaga politik seperti MPR, Kepresidenan, DPR, DPP, BPK,MA dan Pemerintah Daerah. Semua lembaga politik memiliki peran penting dalam menggunakan keragaman sosial budaya untuk pembangunan di Indonesia.

           

           

            By  : Dea Natalia, S.Pd ( Penyuluh Sosial Kab. Muratara)

By : Kemsos

Popular News

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

By : Kemsos

Read More

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

By : Kemsos

Read More

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

By : Kemsos

Read More

Link Lainnya