PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

 

News & Announcements

Sinergitas Dinas Sosial Dengan TNI Untuk Program TMMD

03/14/2019

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Kementerian, Lembaga-Lembaga ,Dinas-Dinas Terkait serta Masyarakat.

            Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat ,meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela Negara dan disiplin nasional. Titik berat Program TMMD adalah di desa miskin, terisolir dan terpencil serta daerah kumuh perkotaan.

            Kegiatan TMMD dilaksanakan melalui program terpadu lintas sektoral . Guna membantu kelancaran tugas pelaksanaan TMMD tersebut, maka pada setiap Kementerian, Lembaga-Lembaga, Dinas –Dinas Terkait akan dibentuk Tim Asisstensi Intern baik di tingkat Pusat maupun di tingkat Provinsi. Dalam hal ini juga Kementerian Sosial termasuk dalam salah satu sector dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

            Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih dari 34 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana dan prasarana dan infrastuktur di wilayah itu masih sangat relevan.

            Untuk melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) Kabupaten Musi Rawas Utara dijadikan sebagai salah satu titik koordinasi tempat pelaksanaannya tepatnya diadakan di Kelurahan Karya Makmur Kecamatan Nibung. Sebelum hari besarnya TNI di derah Kabupaten Musi Rawas Utara melaksanakan beberapa program yang sangat dibutuhkan masyarakat setempat. Dimana Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas Utara merupakan salah satu Dinas yang dilibatkan dalam sinergitas untuk melaksanakan program TMMD selain Dinas – Dinas lain yang terkait seperti Dinas Kesehatan, Pertanian, Perumahan dan Pemukiman dan lain- lain.

            Dinas Sosial dalam program TMMD ini bertugas untuk memberikan sosialisasi mengenai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana bagi para masyarakat yang ada disana. Seirama dengan tekad pemerintah untuk memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan, maka pola pendekatan TMMD tersebut, sungguh sangat sinkron, dan sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan mekanisme bottom up, sebagai alih kendali pembangunan yang selama ini bersifat top down. Dalam hubungan Tut Wuri Handayani dengan bottom up, maka yang utama adalah bagaimana masyarakat desa bisa mendefinisikan keperluan dan kepentingannya sendiri, sehingga proses pembangunan benar-benar dari, oleh dan untuk masyarakat yang bersangkutan secara lebih konkrit lagi, yang kesemuanya itu akan berdampak positif bagi pembangunan pertahanan negara yang tangguh.

Dalam proses pemikiran TNI, untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh, TNI berketepatan memilih TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian, disamping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai Kemanunggalan TNI – Rakyat.

?Hal tersebut sejalan dengan tema TMMD , yaitu ”Dengan Program TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian,Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Optimalkan Pembangunan di Pedesaan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

 

 

By  : Dea Natalia, S.Pd ( Penyuluh Sosial Kab. Muratara)

By : Kemsos

Popular News

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

By : Kemsos

Read More

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

By : Kemsos

Read More

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

By : Kemsos

Read More

Link Lainnya