PUSPENSOS

Pusat Penyuluhan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia

 

News & Announcements

Pentingnya Mengenal Bakat yang dimiliki Anak

07/29/2019

Setiap orang tentu memiliki bakat yang ada didalam dirinya, bakat yang beragam. Bakat merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang merupakan dasar yang telah dibawa seseorang sejak lahir, bakat juga dapat disimpulkanbahwaa bakat merupakan potensi yang ada dalam diri anak yang biasanya juga dapat dipengaruhi dari kemampuan orang tua yang akhirnya menurun kepada anaknya. Sementara minat merupakan suatu kecenderungan yang di inginkan yang tinggi terhadap suatu hal.

Tentu saja bakat akan dapat terlihat semenjak anak masih kecil, dan orang tua perlu mengenali bakat anak semanjak usia dini. Agar orang tua dapat mengarahkan bakat anak dengan sebaik mungkin sehingga akan muncul hasil yang maksimal, yang tentunya bakat juga dapat menunjang masa depan yang baik bagi anak. Berikut cara untuk orang tua dapat mengenali bakat anak sejak dini:

1.    Memperhatikan kebiasaan dan kesukaan anak.

Biasanya ada kecenderungan ketika anak melakukan kegiatan atau kebiasaan adalah bakat yang dimiliki anak tersebut. Maka orang tua dapat  memperhatikan aktivitas apa yang sering dilakukan oleh anak. Biasanya anak yang memiliki kesukaan pada sesuatu akan menunjukkan ciri seperti, anak akan cepat belajar akan hal itu, anak akan terlihat asyik saat melakukan aktivitas tersebut, anak kaan terlihat puas atau merespon dengan positif setelah melakukan kegiatan tersebut, dan anak pasti ingin terus mengulangi kegiatan tersebut.

2.    Membiarkan anak mengeksplorasi apa yang dia miliki

Orang tua bisa mencoba untuk membiarkan anak memencoba berbagai hal yang positi, dengan cara tersebut orang tua juga dapat menemukan bakat anak yang terpendam pada dirinya. Orang tua dapat memberikan kebebasan pada anak ketika melakukan sebuah kegiatan yang positif.

3.    Melakukan komunikasi pada anak

Orang tua juga dapat menanyakan langsung ke anak tentang aktivitas apa yang di sukai, di cita- citakan, hobi ataupun hal yang ingin dilakukan oleh anak tersebut. Melakukan komunikasi pada anak adalah satu hal yang penting, bukan hanya orang tua yang perlu mengetahui mengenai bakat nya namun juga anak tersebut perlu mengetahuinya.

4.    Beri kebebasan memilih

Perlu memberikan ruang pada anak untuk bebas memilih sesuatu yang di inginkan. Hindari sikap memaksa pada anak, untuk memenuhi keinginan yang diharapka orang tua tanpa bertanya terlebih dahulu kepada anak.

5.    Tetap mendukung

Ketika anak sudah menemukan aktivitas yang disukai nya sebisa mungkin orang tua tetap mendukung dengan memberikan fasilitas terbaik. Selama hal yang di sukai anak merupakan kegiatan yang positif. Dukungan orang tua menjadi sangat penting sebagai penunjang anak dalam menemukan bakat anak. Dengan dukungan yang diberikan oleh orang tua maka anak bisa merasa dihargai dan semakin bersemangat untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya.

 

Oleh : Putri Adityasari

By : Kemsos

Popular News

Pengembangan Kapasitas Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial

25/3/2013 14

Oleh : Early FebrianaSebagai bagian dari  upaya meningkatkan etos kerja, dedikasi dan kualitas Sumber Daya Manusia penyuluhan sosial, Pusat Penyuluhan Sosial  mengadakan kegiatan Pengembangan Tenaga Penyelenggara Penyuluhan Sosial di Rumah Jambu Luwuk, Bogor. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pusat Penyuluhan Sosial dan tenaga penyuluh sosial fungsional yang ada d...

By : Kemsos

Read More

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia

20/5/2014 11

Bangkitkan Semangat Anggota Karang Taruna Indonesia “Persepsi Yang Keliru Tentang Karang Taruna” Oleh : Ferdiyan Pratama, S.ST Pernah mengamati fonemen seperti ini. Setiap menjelang peringatan 17 Agustus, pemuda-pemudi di suatu desa atau kelurahan pasti menyibukan diri dalam kegiatan-kegiatan menyambut hari proklamasi Indonesia. Semua unsur pemuda-pemudi menjadi pelopor m...

By : Kemsos

Read More

Mengaktifkan Karang Taruna yang Mati Suri

3/7/2014 09:

Setiap desa/kelurahan hampir pasti memiliki organisasi kepemudaan karang taruna. Wadah yang menggalang inspirasi pemuda ini merupakan arena  pemuda-pemuda untuk berkreasi menjadi motor penggerak masyarakat. Perlu kita sadari bahwa setiap desa/kelurahan memiliki Pemuda-pemuda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dirinya sendiri dan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda yang memiliki po...

By : Kemsos

Read More

Link Lainnya