Kebahagiaan Tingkatkan Imunitas Guna Tangkal Corona

Kebahagiaan Tingkatkan Imunitas  Guna Tangkal Corona


 

Ditengah pandemi covid 19, imunitas tubuh merupakan salah satu aspek yang dapat melindungi kita dari wabah ini. Selain melakukan tindakan-tindakan yang telah banyak dihimbau oleh pemerintah dan lembaga – lembaga sosial lainnya, seperti menerapkan pembatasan sosial, cuci tangan pake sabun, menggunakan masker, dan menghindari keramaian.  Kita juga dapat melakukan tindakan yang membentengi diri dari serangan virus dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang bergizi, olah raga ringan dan istirahat tercukup akan sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain hal tersebut, satu hal penting untuk meningkatkan imunitas  adalah menjaga diri agar tetap bahagia dan jauh dari stress. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada korelasi yang kuat antara kebahagiaan dan imunitas. Orang yang bahagia lebih kebal terhadap virus dan bakteri, sehingga mereka jarang terserang penyakit. Hal ini karena secara fisiologis, kondisi bahagia membantu tubuh lebih mudah dan lebih optimal menyerap vitamin dan mineral dari makanan. Dibandingkan jika seseorang berada dalam kondisi stress atau kurang bahagia. 

Hal ini berarti bahwa bukan cuma dilihat dari jenis makanan yang kita konsumsi, tapi juga dari aspek psikologis manusia juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Kondisi bahagia juga membantu tubuh dalam memperlancar peredaran darah. Rasa bahagia memberikan energi positif berupa optimisme untuk melakukan semua hal. Optimisme juga membantu dalam memperlancar aliran darah keseluruh bagian tubuh terutama ke jantung dan otak. Jika suplai darah ke otak memadai, ini sangat membantu dalam konsentrasi, berpikir dan menganalisis. Kondisi ini tentu sangat berguna dalam memecahkan berbagai tugas dan pekerjaan. Sementara aliran darah yang cukup ke jantung akan mencegah terjadinya sumbatan yang dapat menjadi resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu penting sekali untuk mempertahankan atau meningkatkan level kebahagiaan. Apalagi ditengah wabah covid 19, seringkali muncul berita-berita yang menimbulkan kecemasan dan kepanikan. Belum rasa jenuh, karena harus tingal di rumah dan tidak bisa ke mana-mana dalam jangka waktu yang tidak pasti. Hal ini juga bisa memicu pertengkaran atau konflik diantara anggota keluarga. Jika masing-masing tidak menemukan atau menerapkan satu pola yang menjamin keluarga dalam kondisi bahagia ataupun stabil.

Dalam kesempatan ini saya akan mencoba membagikan tips untuk kita semua agar kita tetap bahagia ditengah covid 19. Sebelumnya, saya perlu ingatkan bahwa, secara general, terdapat korelasi antara kondisi fisik dan psikologis. Fisik mempengaruhi psikologis, begitu juga sebaliknya kondisi psikis juga berpengaruh terhadap kondisi fisik. Oleh karena itu, keduanya mesti ada keseimbangan. Hidup yang sejahtera adalah ketika terjadi keseimbangan antara fisik, psikis, sosial dan spiritual.

 Selanjutnya kita dapat menerapkan tips tips sederhana di bawah ini guna menyuburkan level kebahagiaan kita hingga ke level puncak. 

Jaga ibadah dan utamakan berdoa. 

Dalam kondisi darurat seperti ini penting sekali untuk mengambil sikap berserah diri dan pasrah kepada sang pencipta. Dengan sikap pasrah membuat kita jauh lebih tenang dan damai. Dengan berdoa dan menjalankan ibadah sesuai agama dan keyakinan, maka ini membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, seraya kita memohon agar wabah covid ini dapat segera berlalu. Sebagai bangsa Indonesia yang mengakui Pancasaila sebagai dasar Negara dan ideologi, maka sila Pertama mengajarkan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam setiap usaha kita wajib untuk senantiasa menghadirkan Tuhan sebagai sandaran hidup.

Lakukan olahraga ringan/aktivitas fisik. 

Jika ini rutin kita lakukan, maka akan menjadi kebiasaan yang bukan saja menyenangkan tapi juga menyehatkan. Karena olah raga atau aktvitas fisik dapat membantu memperlancar peredaran darah. Awal dari kebahagian adalah dimulai dari hal-hal sederhana, yang murah, menyenangkan, tapi tentu saja harus positif. Oleh karena itu pilihlah olah raga / aktivitas fisik yang dapat membuat kamu enjoy atau terhibur. Dalam situasi wabah covid 19, sebaiknya pilih olah raga yang dapat dilakukan di rumah saja dan hindari adanya kerumunan karena hal tersebut sangat beresiko terhadap penularan.

Stimulasi otak. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi otak misalnya membaca buku, mengisi TTS, bisa juga mendengarkan ceramah/kuliah dari pakar lewat online atau maen catur/game bersama dengan anggota keluarga. Stimulasi otak ini penting bukan saja untuk merangsang otak agar tetap encer, tapi juga membantu mengatasi kejenuhan. Pilhannya tentu saja aktivitas yang dapat membuat kita enjoy. Sesekali dibuat menantang atau ditingkatkan levelnya, agak semakin termotivasi.  

Jangan lupa tulis ide ide cerdas yang terlintas secara spontan. 

Dalam kondisi rileks dan bahagia kadang kala terlintas ide ide cerdas yang berakaitan dengan tugas tugas pekerjaan kita atau pengembangan program di tempat kerja kita. Agar ide tersebut tidak hilang begitu saja sebaiknya dicatat dalam buku catatan yang sering kita gunakan. Ide tersebut dapat kita share dengan teman-teman untuk mendapatkan tanggapan. Bisa juga kita analisa lebih dalam atau kita kembangkan menjadi satu pemikiran yang lebih utuh. Jangan berkecil hati jika saat ini ide tersebut mungkin belum terlalu relevan. Bisa jadi ide tersebut dibutuhkan untuk moment-moment tertentu. Tentu akan sangat membahagiakan jika kita puny ide yang bisa kita kontribusikan buat organisasi kita. Dengan rajin mencatat ide, maka kita akan memiliki bank ide, yang setiap saat bisa kita cairkan jika diperlukan. Jadi jangan merasa rugi dengan menemukan satu ide baru dan catatlah karena suatu saat akan sangat berguna.

Temukan hikmah sebanyak banyaknya dari situasi covid ini. 

Banyak pakar yang selalu menginspirasi kita bahwa bukan pada peristiwanya yang membuat kita senang ataupun sengasara tapi pada persepsi. Jadi apapun kondisinya bisa kita buat menjadi menyenangkan jika kita dapat mengambil sudut pandang / persepsi yang positif. Dalam setiap peristiwa selalu terselip hikmah dan kebajikan. Menjadi manusia dewasa adalah kemampuan kita untuk semakin banyak memetik pelajaran-pelajaran penting dalam setiap perisitiwa besar. Covid 19 adalah sebuah peristiwa maha dahsyat, tentu banyak pihak yang dirugikan dengan kondisi ini, akan tetapi ini sudah dan sedang terjadi dan kita tidak memiliki kuasa untuk menghentikannya seketika. Satu-satunya jalan agar kita tetapi bahagia dalam kondisi ini adalah menemukan makna dan hikmah yang sebanyak-banyaknya. Misalnya dengan covid ini, kita bisa menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk keluarga, atau kota-kota kita semakin bersih dan bebas polusi dan lain sebagainya.

Stimulasi sosial. Berbagi / bersedeqah,.

Kebahagian kita juga bisa dibangun dengan meningkatkan kepekaan sosial. Tindakan berbagi adalah tindakan yang membahagiakan. Untuk bisa berbagi secara spontan maka berbagi tidak mesti besar, tidak mesti materi, bahkan bisa berbagi dengan kata kata positif atau berbagi dengan kepedulian, dengan waktu ataupun tenaga.

Stimulasi psikologi. 

Untuk bahagia kita harus selalu menjaga pikiran tetap positif, selalu optimis, dan tidak pernah berhenti untuk menemukan harapan di masa depan. Orang yang bahagia selalu optimis dan penuh harapan, sebaliknya sikap optimis juga membuat kita lebih bahagia dan berenergi.

Buat situasi menjadi lucu. 

Kita bisa menciptakan suasana rumah begitu menggembirakan dan meriah. Kuncinya adalah jangan gengsi, kita bisa larut bermain bersama dengan anak kecil, membuat semuanya menjadi lucu, gurih,  dan bisa tertawa lepas.

Dengan menerapka tips-tips di atas semoga dapat meningkatkan level kebahagian kita sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dalam melawan virus corona yang sedang mewabah. Tentu tidak semua harus dilakukan, pilihlah sesuai kemampuan dan kebutuhan. 

Oleh. Syamsuddin, Ph.D

“Kepala LRSLU Minaula Kendari”

 

 

 


Bagikan :