Terapi-Terapi dalam Rehabilitasi Sosial Lansia

DItulis oleh : Deny Irawan

2019, waktu dimulainya peralihan Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) menjadi Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) “Minaula” Kendari. Hal itu didasari oleh Permensos Nomor 19 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT Rehsos Lansia di Lingkungan Ditjen Rehsos, maka dari itu terjadi perubahan penanganan lansia oleh LRSLU “Minaula” Kendari yang semula menangani rehabilitasi sosial dasar menjadi rehabilitasi sosial tingkat lanjut.

Kemensos RI mempunyai satu program dalam rehabilitasi sosial  lansia yaitu Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU). Progres LU terdiri dari empat jenis yaitu Bantuan Bertujuan Lanjut Usia (BANTU LU), Dukungan Keluarga, Perawatan Sosial, dan Terapi. LRSLU “Minaula” Kendari sebagai salah satu UPT milik Kemensos RI merespon Progres LU tersebut dengan memberikan layanan-layanan terapi kepada Penerima Pelayanan Rehabilitasi Sosial Temporary Shelter (rehabilitasi paling lama enam bulan) yang ada di LRSLU “Minaula” Kendari. Terdapat empat jenis terapi yang diberikan, yaitu

Pertama, Terapi Fisik, terapi ini sering digunakan dalam rehabilitasi sosial lansia di LRSLU “Minaula” Kendari yang memiliki fungsi merehabilitasi lanjut usia seperti Range of Motion (ROM), Senam Diabetes, Senam Reumatik, dan Senam Oestoporosis. Kedua, Terapi Mental Spiritual, berfungsi untuk menjaga daya ingat dan daya pikir lansia serta menumbuhkan semangat hidup, ketenangan, religiusitas bahkan kebermaknaan hidup bagi lansia itu sendiri. Terapi Mental Spiritual yang sering digunakan di LRSLU “Minaula” Kendari yaitu Terapi Stimulasi Kognitif (Buku Harian, Pohon Keluarga, TTS, Kartu Ucapan, Mencocokkan Kartu, dan Senam Otak) dan Terapi Spiritual (Dzikir, Murrotal, Syukur, dan Doa).

Ketiga, Terapi Psikososial, berfungsi untuk memperkuat motivasi lansia untuk melakukan hal yang benar dan wajar, megurangi tekanan emosional bagi lansia, mengembangkan potensi lansia, mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan hubungan interpersonal dan meningkatkan keberfungsian sosial lansia. Terapi Psikososial yang sering digunakan di LRSLU “Minaula” Kendari yaitu Terapi Mengungkapkan Perasaan, Musik, Tertawa, Nafas Dalam, Emotional Freedom Technique (EFT), dan Relaksasi Bensos. Keempat, Terapi Penghidupan, fungsi utama terapi ini ialah memungkinkan lansia untuk berperan serta dalam aktivitas keseharian. Terapi Penghidupan yang sering digunakan di LRSLU “Minaula” Kendari yaitu Terapi Berkebun, Membuat Kerajinan, dan Melukis.

Pelaksanaan terapi untuk rehabilitasi sosial lansia di LRSLU “Minaula” Kendari dilakukan oleh Pekerja Sosial Profesional dan didukung oleh Penyuluh Sosial, Psikolog, Perawat, dan Instruktur. Pemberian rehabilitasi sosial lansia dengan terapi oleh LRSLU “Minaula” Kendari direspon oleh lansia itu sendiri dengan hati senang, mereka menganggap rehabilitasi sosial seperti pemberian terapi merupakan hal yang luar biasa dan mereka berterima kasih dengan penanganan tersebut. 
Bagikan :